Minggu, 22 Maret 2015

cara melakukan perhitungan otomatis dengan MS EXCEL



Salah satu kelebihan program pengolah angka Ms Excel adalah kemudahannya dalam melakukan penghitungan yang menggunakan angka-angka. Bahkan penghitungan yang sangat rumitpun bisa dilakukan dengan mudah dan akurat. Sebagai salah satu penghitungan dasar, penjumlahan merupakan penghitungan angka yang paling sering digunakan oleh user terutama user pemula.

Setelah data yang berupa angka-angka dimasukkan kedalam sebuah table, maka tidaklah perlu lagi menggunakan penjumlahan secara manual seperti calculator atau diterawang. Pada Ms Excel telah tersedia fasilitas penjumlahan secara otomatis, yaitu Auto Sum. Hanya dengan satu klik saja angka-angka dengan jumlah yang banyakpun bisa langsung diketahui hasilnya.

Cara menggunakan fungsi auto sum ini silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.
1.     Masukkan angka-angka atau data kedalam table atau sel-sel di lembar kerja ms excel. Seperti contoh gambar berikut ini.

data
2.     Blok sel yang berisi angka-angka sampai pada sel dimana hasil penjumlahan akan ditampilkan, misalnya sampai pada baris JUMLAH.

blok sel
3.     Setelah itu klik icon Auto Sum pada ribbon Home, group menu editing

auto sum
4.     Maka hasil penjumlahan secara otomatis akan ditampilkan dengan akurat.

hasil

Penjumlahan otomatis ini dapat dilakukan secara vertical atau kolom dan bisa juga dilakukan secara horizontal atau baris.

Penjelasan Dasar

Rumus yang digunakan pada tabel dalam aplikasi Word pada dasarnya sama dengan rumus yang digunakan pada Excel, beberapa yang umum digunakan diantaranya adalah:
  • SUM: Untuk menjumlahkan data.
  • AVERAGE: Untuk menghitung nilai rata-rata.
  • COUNT: Menghitung jumlah data.
  • MIN: Untuk mencari nilai terkecil.
  • MAX: Untuk mencari nilai terbesar.
Dan sebagai bantuan lainnya kita juga dapat menggunakan operator matematis standar seperti berikut ini (tanpa quote):
  • "+" penjumlahan.
  • "-" pengurangan.
  • "*" perkalian.
  • "/" pembagian.
  • "A" eksponensial.

Aturan Penulisan

Aturan penulisan rumus pada Word juga sama dengan aturan penulisan rumus pada Excel, yaitu selalu diawali tanda samadengan “=” dan variabel rumus diapit oleh tanda kurung “()”. Contoh struktur penulisan rumus pada Word dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Drawing1

Alamat Sel

Untuk mempermudah penulisan rumus maka Word menggunakan 4 istilah untuk alamat sel, yaitu:
  • LEFT: Merujuk pada sel di sebelah kiri sel aktif.
  • RIGHT: Merujuk pada sel di sebelah kanan sel aktif.
  • ABOVE: Merujuk pada sel di sebelah atas sel aktif.
  • BELOW: Merujuk pada sel di sebelah bawah sel aktif.
Untuk penggunaan rumus tingkat lanjut kita juga dapat menggunakan alamat sel seutuhnya seperti pada Excel, yaitu menggunakan nomor baris dan nama kolomnya. Hanya saja karena pada Word tidak ada informasi yang menunjukan nomor baris dan nama kolom tersebut maka asumsikan saja bahwa tabel yang kita buat pada Word tersebut memiliki alamat seperti tabel berikut ini.
image
Sebagai contoh, misalkan pada Word kita memiliki tabel seperti berikut ini.
image
Maka alamat sel yang sesuai untuk tabel tersebut dapat dilihat pada skema berikut ini.
image

Cara Menggunakan Rumus

Didalam ribbon, perintah untuk menggunakan rumus ini terdapat pada contextual menu Table Tools. Contextual menu ini hanya akan ditampilkan jika kursor berada didalam sebuah tabel. Pada menu Table Tools tersebut, perhatikan group Data didalam tab Layout. Disana kita dapat menemukan tombol perintah Formula untuk menggunakan rumus ini.
image
Dengan menekan tombol tersebut Word akan menampilkan kotak dialog Formula seperti berikut ini.
image
Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 bagian utama yang membantu kita dalam penulisan rumus, yaitu:
Formula: Tempat untuk menuliskan rumus.
image
Number format: Mengatur format penulisan angka.
image
Paste function: Daftar rumus yang bisa digunakan.
image
…Bersambung ke Part 2…

Cara Menghitung Median di Excel
Fungsi median adalah salah satu fungsi statistik di excel. Dengan fungsi median kita dapat menghitung nilai tengah dari serangkaian angka.
Cara penulisan fungsi median di excel :
MEDIAN (number1, number2 ,...)
dimana : Number1, number2, ... adalah angka yang ingin dihitung mediannya.
Keterangan
a. Jika ada sejumlah angka dalam himpunan data, maka MEDIAN menghitung /mencari nilai tengah dari kelompok angka tersebut
b.Argumen dapat berupa nomor atau nama, array, atau referensi yang mengandung angka.
c. Nilai-nilai logis dan representasi teks dari nomor yang Anda ketik langsung ke daftar argumen akan tetap dihitung /diproses.
d. Jika sebuah array atau argumen referensi berisi teks, nilai-nilai logis, atau sel-sel kosong, nilai-nilai tersebut akan diabaikan, namun sel-sel yang berisi nilai nol akan disertakan dalam perhitungan median.
e. Argumen yang mengandung kesalahan berupa nilai atau teks yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam bentuk angka maka akan menyebabkan kesalahan.
Berikut ini adalah contoh penggunaan median di microsoft excel :
1. Buat tabel seperti di bawah
Sel A3 sampai A13 diisi dengan sekelompok data (lihat tabel) , silahkan diisi dengan angka yang anda inginkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfI9QhjN_ca2svOLSb_90Mu3RuovBOnBN45-DNuGiece6BXB7RRXFzsVhfKfHgaCL0o4Q80CyAi0h5C1p3fv6ncaSjh75Jnmss5W517K5R6v-GT6IsjRbRlZ3Jy56j3tKF199wvSWtgOA/s320/untitled.bmp
2. Selanjutnya akan dilakukan penghitungan median
a. Di sel D3 ketik formula
=MEDIAN(A3:A13)
Rumus di atas akan menghitung median seluruh data yang ada di kolom A dari baris 3 hingga baris 13
Median yang diperoleh adalah 5

b. Di sel D6 ketik formula
=MEDIAN(A3:A10)
Rumus di atas akan menghitung median sebagian data saja, yaitu data yang ada di kolom A dari baris 3 hingga baris 10
Median yang diperoleh adalah 4,75
Cara Menghitung Mean
Average adalah salah satu fungsi statistik. Fungsi rata-rata dapat digunakan untuk menentukan rata-rata (aritmetik mean) dari sebuah argumen/ sekumpulan data
Cara penulisan fungsi AVERAGE :
AVERAGE(number1, number2,...)
Number1, number2, ... yang 1-255 argumen numerik yang ingin dihitung rata-ratanya

catatan:
Argumen dapat berupa nomor atau nama, array, atau referensi yang mengandung angka.
Nilai-nilai logis dan  teks yang dapat direpresentasikan menjadi angka akan dihitung dalam penentuan rata-rata
Jika sebuah array atau argumen referensi berisi teks, nilai-nilai logis, atau sel-sel kosong, nilai-nilai tersebut diabaikan, namun sel-sel dengan nilai nol yang disertakan dalam perhitungan.
Argumen yang  yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam bentuk nomor akan menyebabkan kesalahan.
Jika Anda ingin memasukkan nilai-nilai logis dan representasi teks angka dalam referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA.
Contoh penggunaan fungsi AVERAGE
Buat tabel di bawah ini
Ketik data pada sel A3 hingga A8 (Anda dapat menggunakan data Anda sendiri)
1. Pada sel B11 ketik rumus
= AVERAGE (A3: A8)
Formula ini akan menghitung rata-rata dari semua data
2. Pada sel B12 rumus jenis
= AVERAGE (A3: A5, A8)
Formula ini akan menghitung rata-rata dari data pada range A3: A5 ditambah data pada sel A7
Hasil rumusan ini akan muncul seperti pada gambar berikut:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbT6S_B8ftyIWZX-COehS9agdFel3HGnIUqKLGAodv12V-kyLo0ZSeG_1_kl9aALuKn3vwQXLvgJZm6f_InCQp45dnWeCiJF657EfCofdRjNvZ2NggQz7I0VVom-o8zb2GYV1mS2VWcw0/s320/untitled1.bmp

Cara Menghitung Modus
Fungsi modus adalah salah satu fungsi statistik di excel. Dengan Fungsi modus kita bisa menghitung sebuah angka/nilai yang paling sering muncul dalam sebuah kelompok data, atau nilai yang paling sering berulang dalam array atau range data tertentu.
Cara penulisan untuk fungsi modus di excel
MODE (number1, number2,...)
dengan:
Number1, number2, ... adalah argumen /data yang digunakan untuk menghitung modus. Anda juga dapat menggunakan array tunggal atau referensi ke array.
Catatan:
Argumen dapat berupa nomor , nama, array, atau referensi yang mengandung angka.
Jika sebuah array atau argumen referensi berisi teks, nilai-nilai logis, atau sel-sel kosong, nilai-nilai tersebut diabaikan, namun sel-sel dengan nilai nol yang disertakan dalam perhitungan modus.
Sebagai contoh:
1. Buat tabel di bawah ini
Masukkan nomor acak dalam sel A3 sampai sel A13
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieTAuX4xB98nCHR4sTpBeUHPlcnOcZyDkh33CaURrM7toZegw8gcdItJwSA1KJiY-67dm0Pzl5YIrxkVUeRHz70IYS8WlSaD9m7Z0bAIGTS7MyFWHo3zHg0cL6x-pfdNqdkunkI17zc58/s320/untitled2.bmp

2. Pada sel D3, akan dibuat formula untuk menghitung modus yang merupakan nomor yang paling sering muncul dalam kelompok angka dalam range A3: A13
ketik formula:
= MODE (A3: A13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar